BI Keluarkan Pecahan Rupiah Baru Serentak Tampilan Mirip Dolar

tampilan-uang-baru

Bank Indonesia (BI) secara resmi telah meluncurkan 11 uang rupiah baru pada Senin (19/12/2016). Pecahan uang rupiah baru ini dikeluarkan secara serentak. Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pengeluaran uang baru ini merupakan momen spesial bagi Indonesia. Lantaran baru kali ini BI mengeluarkan pecahan baru secara serentak. Tampilan uang rupiah baru ini sekilas mirip pecahan Dolar.

uang-baru-rp

Menurut Agus Martowardojo pengeluran pengedaran momen spesial, pertama kalinya dilakukan serentak sejak Indonesia merdeka. Beliau juga mengatakan, pengeluaran uang baru ini ditujukan sebagai upaya mewujudkan mata uang yang bermartabat dan berdaulat. Terlebih, rupiah ialah simbol kedaulatan negara. Rupiah adalah simbol kedaulatan negara yang dihormati.

Dengan adanya uang baru ini maka uang yang sebelumnya tetap berlaku. Asal, uang itu tidak ditarik peredarannya olehBI. Lantaran Pasalnya, pemerintah memberikan restu penggunaan gambar pahlawan pada uang rupiah tersebut. Gubernur BI Agus Martowardojo juga turut mengaturkan terimakasih pada Presiden atas persetujuan pemerintah gambar pahlawan nasional pada uang baru rupiah 2016.