Tol Bawen Jogja Akan Dibangun Melewati Selatan Kota Ambarawa

rencana-tol-bawen-jogja-2017

Salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang akan diprioritaskan pengembangannya adalah Borobudur. Bersama dengan Danau Toba dan Mandalika, untuk itu salah satunya infrastruktur juga dipercepat dan dibangun menuju  ke Kawasan Borobudur, yakni Jalan Tol Bawen-Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas studi kelayakan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta bakal dipercepat dari jadwal semula yang sedianya dilakukan pada 2018. Pasalnya menurut analisis Kementerian Pariwisata, jalan tol tersebut bisa menjadi pemicu percepatan Borobudur sebagai KSPN.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk percepatan tersebut, studi kelayakan untuk pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta sepanjang 100 kilometer akan dilakukan pada 2017 atau setahun lebih cepat dari rencana awal.

Rumor yang beredar dimasyarakat jalan tol tersebut akan melewati selatan Kota Ambarawa menuju ke arah Jogja. Hal ini diperkuat dari adanya pengukuran dan pematokan disejumlah tanah di Selatan Kota Ambarawa. Koranmeteor.com mencoba mengonfirmasi ke pihak terkait tapi belum ada konfirmasi. Namun jika melihat kondisi lapangan dan letak pintu tol Bawen tampaknya selatan Ambarawa memang paling cocok menjadi area tol Bawen – Jogja. Semoga pembangunan tol ini memang dipercepat supaya memajukan Jawa tengah dan DIY.