Jateng Park Akan Dibangun di Tlogo Tuntang Kabupaten Semarang

Wisata Alam

Pemprov Jateng mencari alternatif jika rencana pembangunan Jateng Park tidak juga segera terlaksana. Salah satunya adalah wisata Jateng Park di pindah ke Tlogo Tuntang di Kabupaten Semarang. Pemprov memberikan waktu dua bulan pada Perum Perhutani untuk segera menindaklanjuti kerja sama, yakni menyelesaikan perizinan dan status hukum perusahaan baru. Izin yang dimaksud adalah persetujuan dari Kementerian BUMN untuk pengelolaan kawasan hutan. Permenhut Nomor 31 Tahun 2012 tentang Lembaga Konservasi pasal 9 menyebutkan, pemegang hak kelola hutan (Perhutani) tak perlu mengajukan izin lagi untuk pengelolaan hutan.

Dalam peraturan pemerintah ada klausul perizinan kerja sama pada Kementerian BUMN jika pengelolaan tak dilakukan sendiri, tapi dengan kerja sama. Kedua, tenggat dua bulan untuk mendaftarkan perusahaan baru, gabungan PT SPJT dengan PT Palawi, ke notaris. Status hukum perusahaan baru ini menjadi tahapan penting. Tanpa itu, perusahaan baru tak akan bisa menarik investor.

Karakteristik wisata alam Tlogo yang berada di Tuntang, Kabupaten Semarang hampir mirip dengan wana wisata Penggaron Jateng Park. Sama-sama berada di Kabupaten Semarang, Tlogo memiliki luas sekitar 400 hektare dan juga berdekatan dengan jalan tol. si.

Pada bulan itu juga mestinya sudah dilakukan lelang untuk menentukan pihak ketiga yang ikut serta menanamkan modal. Satu tahapan molor, maka tahapan selanjutnya turut mundur. Perusahaan baru yang belum berkekuatan hukum juga berakibat pada molornya penyusunan RKL-RPL, Amdal, DED dan Andal Lalin, lantaran anggaran penyusunan dibebankan pada pihak ketiga pemenang lelang. Tentu jika proyek Jateng Park Tlogo ini terlaksana akan menambah daya tarik wisata Jateng dan juga pemasukan untuk warga sekitar.