Kenapa Sepakbola Indonesia Tidak Maju ? Persib VS Bali United Jawabannya

Sepakbola sebuah olahraga popular di Indonesia namun minim prestasi membanggakan. Tidak di level Timnas maupun Klub sepakbola di Indonesia tidak bisa dikatakan bagus. Usaha dan berbagai cara dilakukan pemerintah namun hasil tetap belum terlihat. Kenapa Sepakbola Indonesia Tidak Maju ? Persib VS Bali United Jawabannya. Ya pertandingan itu jawabannya, memberikan gambaran mengapa olahraga yang populer di negara kita palah seakan stag dan mengalami kemunduran bukannya kemajuan. Walau sudah mendatangkan pemain maupun pelatih kualitas dunia tapi sama saja.

Jika kita cermati sebetulnya salah satu penghambat adalah suporter itu sendiri, baik timnas maupun klub. Saat terjadi kekalahan atau kejadian yang tidak baik suporter mudah menjadi bringas. Atmosfer pertandingan menjadi tidak sehat. Contoh jelas ketika Yabes Roni menendang bola kearah Essien entah sengaja atau tidak. Penonton di Stadion Khususnya Bobotoh langsung emosi, apa mereka tidak berpikir akhibat aksi mereka itu ? Aksi itu akan membuat takut para pemain baik lokal maupun asing, nah itulah yang bisa membuat Marque Player maupun pelatih bertaraf internasional takut ke Indonesia. Sepakbola bukan olahraga emosi tapi taktik dan fisik.

Pada dasarnya yang dilakukan Yabes bukanlah hal yang perlu diperbesar, lihat saja ketika Vardy ditanduk Nasri tidak ada suporter yang emosi sampai naik ke pagar. Kita juga bisa melihat saat pemain wales melakukan takling hingga kaki patah tidak ada suporter yang emosi membabi buta. Tapi kita bisa bandingkan dengan suporter Indonesia yang cenderung emosional, bahkah setelah aksinya dan melihat suporter Essien pun kehilangan fokus. Marque Player maupun pelatih tidak akan takut ke Indonesia cuma karena terkena bola dilapangan ! Tapi mereka akan sangat takut jika suporter bringas, mereka pemain bola seorang atlit entertaiment bukan tentara yang berperang. Selain itu atmosfer pertandingan menjadi tidak sehat.

Nah bila memang mau sepakbola kita maju alangkah baiknya semua pihak yang berkaitan instropeksi diri. Tidak saling menyalahkan maupun menghujat. Sepakbola adalah olahraga, permainan dan hiburan semata tidak layak jika palah menimbulkan perpecahan apalagi korban. Emosi mungkin boleh tapi menjadi brutal dan membahayakan hendaknya dihindari oleh semua pihak. Salam Sepakbola Indonesia.