Marque Player Penting Atau Hanya Buang Uang

Beberapa waktu belakangan kata Marque Player cukup akrab di telinga kita. Ini terjadi setelah Persib Bandung mendatangkan Essien, dan menjadi viral di media. Kini seolah olah banyak klub latah mendatangkan Marque Player ke Liga 1 Indonesia. Tapi apakah penting Marque player tersebut atau membuang uang, karena nilai uang untuk mendatangkan Marque Player tidaklah sedikit. Juga harus diingat kebanyakan dari mereka performa sudah menurun baik dari umur ataupun rentetan cidera. Cidera bagi pemain sepakbola adalah hal yang biasa namun jika sering terjadi ataupun parah maka sangat berpengaruh pada penampilan di atas lapangan.

Sebenarnya jika dilihat dari kata, Marque Player atau pemain bintang dengan bayaran lebih tinggi dari para pemain lainnya tentu terkesan cuma pamer nama. Tapi regulasi di Indonesia berbeda, di Liga 1 Indonesia pemain dengan harga murah dan bukan bintang bisa disebut Marque Player. Dengan peraturan seorang Marque Player adalah pemain yang bermain pada 3 seri piala dunia edisi terakhir atau pernah bermain di klub top liga eropa, tentu terlihat PSSI ingin kualitas bukan sekedar nama.

Hal ini menjadi pening untuk petinggi klub memilih tawaran Marque player yang datang. Jika tidak bukan tidak mungkin hanya membuang uang. Bagi saya pribadi yang dilakukan persib dengan merekrut Essien sangat benar selain dia pemain yang belum terlalu tua dia adalah bintang lapangan. Mungkin dengan datangnya Essien kelah Liga 1 indonesia akan dihuni pemain Muda dunia. Posisi Essien juga gelandang bertahan sehingga kecepatan lari tidaklah utama karena usia tentu pengaruh ke kecepatan beda dengan bagian penyerangan. Hal ini juga bagus untuk Branding atau Citra klub, karena kan dikenal didunia. Selain itu Liga 1 Indonesia jadi terkenal dan menarik untuk ditonton, maka seharusnya penyelenggara berterima kasih pada Persib yang telah berkorban uang.

Tapi apa efektif Persib yang sudah punya Essien merekrut Marque kembali dengan usia dan rentetan cidera ? Mereka sudah punya Bintang Dunia Bola kenapa mengambil lagi ? Ya saya sebagai pencinta bola dan seorang Konsultan Marketing Gagal Paham ! Menurut saya seharusnya Persib Merekrut pemain yangm masih muda asing seperti Bali United atau PSM Makassar ! Kenapa ? mereka cerdas merekrut Marque Player Muda dengan harga Bersaing !

Tak perlu terkenal toh dengan datangnya Essien ke Liga 1, pasti berimbas mendapat sorotan dunia juga ke seluruh peserta Liga 1 Indonesia. Hal ini terlihat saat Bali United Menang 2-1 atas persib Marque Player mereka bermain 90 Menit. Selain itu Marque Player yang bukan bintang dunia tentu tuntutan ke tim lebih sedikit. Yang terbaru persib ditahan imbang 0-0 Arema klub dengan keuangan biasa bahkan tanpa Marque Player.

Ya Marque Player mungkin tidaklah penting di sisi permainan. Tapi mereka penting disisi Iklan dan Branding jadi mendaangkanya tidaklah salah. tapi perlu diingat dengan regulasi yang ada di Liga 1 Indonesia alangkah sebaiknya owner klub bertindak bijak. Karena jika tidak mereka akan menghamburkan uang dan akan susah di musim selanjutnya bila minim prestasi . Salam Olahraga