Kabar Duka Cita, Mantan Walikota Salatiga John Manoppo Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari kota Salatiga. Tepatnya datang dari Mantan Walikota periode 2007-2011 John M Manopo yang meninggal dunia. Beliau dikabarkan meninggal karena sakit gula yang telah lama dideritanya dideritanya di Lapas Kedungpane atau Lapas Kelas 1 Semarang, Senin 31/7/2017 dini hari.

Tentu ini menjadi duka tersendiri dari kota Salatiga di tahun 2017 dimana beberapa tokoh juga berpulang. Berdasarkan berita yang dihimpun Koran Meteor, inilah biodata singkat dari John Manoppo :

John M. Manoppo, SH, dilahirkan di Kulawi, 8 Juni 1946. Pak John, begitu ia biasa disapa merupakan anak dari pasangan Bapak Bernard Manoppo dan Ibu Hantjia.

Pendidikan Formal beliau tempuh mulai SD (waktu itu masih menggunakan istilah Sekolah Rakyat atau SR) di Kulawi. Tamat SR pada tahun 1958, Pak John melanjutkan Sekolah Teknik Negeri (setingkat SMP) di Palu (lulus tahun 1961) dan Sekolah Teknik Menengah Negeri (setingkat SMA) di Manado (lulus tahun 1964).

Perjalanan Pak John menempati kursi terhormat sebagai Walikota Salatiga melalui perjuangan keras dan jalan berliku. Dengan berbekal Ijazah STM, beliau menginjak bumi Salatiga pada tahun 1968. Di Salatiga Pak John melanjutkan studi pada Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Gelar Sarjana berhasil ia raih pada tahun 1977.