Face ID Iphone X Apple Gagal Saat Presentasi

Pada saat peluncuran iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X sempat diwarnai kejadian yang nyaris mempertaruhkan nama besar Apple. Alih-alih pamer kecanggihan dan cepatnya FaceID mengenali wajah penggunanya, chief software Craig Federighi justru sempat nyaris gagal saat demo fitur andalan iPhone X itu. Dalam demo pertama, ia gagal menggunakan Face ID untuk membuka kunci layar iPhone X.

Beruntung, ketika demo kedua kali ia berhasil melakukannya dan mendapat tepuk tangan hangat dari hadirin di markas baru Apple itu. Saat gagal mendeteksi wajah Frederighi, layar ponsel yang dipakai saat demo menuliskan “Passcode membutuhkan wajah Anda untuk mengaktifkan Face ID.”

Notifikasi itu seharusnya muncul jika ponsel baru diaktifkan ulang (restart) atau setelah beberapa jam autontifikasi dilakukan pada layar ponsel. Langkah tersebut merupakan bentuk pencegahan keamanan yang dikenalkan Apple pada Touch ID dan dikembangkan lebih lanjut pada Face ID.

Apple berkilah kesalahan ini disebut Apple menunjukkan seberapa baik Face ID mengenali wajah penggunananya. Face ID sendiri merupakan fitur pengenal wajah yang dikembangkan untuk membuka kunci layar. Fungsinya sama dengan passcode atau Touch ID, namun menggunakan wajah pemilik ponsel.

CEO Apple Tim Cook memastikan iPhone X hanya akan mengenali wajah dan tidak bisa diakali dengan menggunakan foto atau gambar serupa. Bukan hanya itu, fitur ini diklaim tetap bisa mengenali wajah meski dalam kondisi minim cahaya sehingga bisa dipakai kapan saja.