Jembatan Wonokerto Dibongkar Perjalanan Demak – Semarang Bisa 5 Jam Lebih

Momok kemacetan kembali mengancam warga Demak dan juga para pemakai jalur pantura lainnya. Hal ini menyusul dilakukannya perbaikan jembatan Wonokerto di Kecamatan Karangtengah, Demak sejak dua hari ini. Sehingga baik dari arah Semarang menuju Demak, ataupun sebaliknya diperkirakan akan mengalami kemacetan parah pada jam-jam sibuk. Perjalanan dari Semarang ke Demak bisa 5 jam lebih.

Dari pantauan kacetan terjadi saat jam-jam sibuk atau saat pagi dan petang hari.  Pada saat jam-jam tersebut kemacetan bisa mencapai jalan Kaligawe atau hingga di depan RSI Sultan Agung Semarang. Sebaliknya dari arah Demak menuju Semarang, kemacetan bisa mencapai jalan lingkar Demak atau lima kilo lebih. Berbeda pada saat jam-jam non sibuk, arus lalu lintas cenderung lancar meski terjadi kemacetan di  beberapa titik.

Mengatasi permasalahan tersebut, Satlantas Polres Demak melakukan beberapa rekayasa lalu lintas untuk menghindari macet berkepanjangan saat jam-jam sibuk. Diantaranya adalah pengalihan arus atau contra flow di beberapa titik.Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan dengan didampingi Kasatlantas Polres Demak AKP Christian Chrisye Lolowang mengatakan, untuk perbaikan jembatan Wonokerto diperkirakan akan memakan waktu hingga 1,5 bulan lamanya atau akhir Oktober.

Dampak dari perbaikan jembatan di jalur pantura tersebut, berpotensi akan memacetkan jalur Semarang menuju Demak.  Selain melakukan rekayasa lalu lintas, pihaknya menghimbau pengelola proyek agar segera memasang papan peringatan dan aturan lalu lintas di lokasi yang dimaksud.

Untuk arah Demak menuju Semarang, ada beberapa jalur yang bisa digunakan.  Pemakai jalan bisa menggunakan jalur selatan yakni Dempet – Kebunagung – Mranggen – Semarang, atau  Demak – Pertigaan halte Buyaran – Guntur – Karangawen – Mranggen – Semarang. Selain itu juga bisa lewat melalui jalur Demak – Pertigaan halte Buyaran – pertigaan Pamongan – perempatan Bulusari – Genuk Semarang.