Tes CAT CPNS 2017 Berpotensi Kecurangan dan Masih Belum Sempurna

Tes CPNS tahun 2017 Kemenkumham telah dilaksanakan, menurut pilhak terkait test ini diklaim aman dan transparan. Namun disisi lain menurut reportasi Koran Meteor tes CPNS belumlah sempurna dari sisi persiapan hingga ke teknis, misalnya tidak online dengan 1 server sehingga sulit dipantau oleh tim IT independen tidak seperti layaknya tes KPK 2017 yang 100% online.

Sistem CAT yang tidak 100% online dangan menggunakan 1 server yang terpusat membuka peluang permainan di sistem program IT atau server. Permainan ini bisa dilakukan bila saja ada oknum dalam yang dapat mengakses data dan server bersikap curang dengan mengakali Coding program. Potensi kecurangan dalam sistem CAT ini adalah pada penilaian maupun lainnya, bisa saja celah terbuka ini dimanfaatkan oknum untuk merubah program awal dan mempermainkan nilai ujian. Misal apapun jawaban peserta salah atau benar nilai tes tetap tinggi.

Disisi lain persoalan seperti telatnya komputer cadangan, pengunduran jadwal juga masih terjadi. Kekurangan juga terjadi di sisi tempat penyelenggaraan yang dibeberapa provinsi terlalu terpusat, sehingga ada saja peserta tes dari jauh yang datang ke lokasi pelaksanaan tes telah kelelahan sebelum mengikuti tes CAT. Namun untuk soal mengingat tes dibagi beberapa tahap dari pantauan tim Koran Meteor relatif baik, tidak terlalu sulit dan tidak terlampau mudah. Namun masih saja sebagian besar perserta gagal memenuhi Grade minimum.

Semoga untuk penyelenggaraan selanjutnya tes CPNS dapat benar-benar online dengan server terpusat, juga dilakukan monitoring server oleh tim Independen. Hal ini akan menutup celah kecurangan yang mungkin bisa terjadi, dan menghilangkan kesempatan oknum untuk bermain curang. Sehingga kelah akan didapat para PNS yang jujur dan Cerdas.