Mulai 25 September E Tilang Dilaksanakan di Semarang

 

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengakui rencana pemasangan kamera close circuit television (CCTV) untuk mengawasi sejumlah titik di jalanan Kota Semarang untuk mendukung pelaksanaan e-tilang.

Meski demikian, ia meminta masyarakat tidak khawatir dengan rencana pemasangan sistem CCRV di jalur-jalur jalan utama kota berslogan ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri, Sejahtera) ini selama tertib berlalulintas. E tilang ini akan mulai dilaksanakan mulai senin 25 September 2017

Saat ini, sedang dilakukan penyiapan infrastruktur pemasangan kamera-kamera CCTV. Meski demikian, belum bisa disebutkan jumlah maupun titik mana saja yang akan dilengkapi dengan kamera CCTV tersebut. Ini semata agar pengguna jalan menjadi tertib lalu lintas.

Cara kerja E tilang ini akan pengendara direkam oleh CCTV Kamera akan nge-zoom saat lampu kuning menyala. Pengendara yang melanggar akan dikirimi tilang ke alamat sesuai Plat nomor di STNK, bisa dibayar langsung di Bank ataupun mengikuti persidangan. Denda yang dibayar melalui Bank adalah denda maximal dan denda bila memiliki kembalian akan dikembalikan usai persidangan.